27 November 2021
Jurnal Refleksi kali ini menggunakan Model DEAL (Description, Examination and Articulation of Learning)
Minggu keenam pada LMS disajikan materi tentang visi guru penggerak. Berikut point-point yang saya peroleh dari bacaan, video, hasil diskusi kelompok, dan kegiatan presentasi pada ruang kolaborasi Modul 1.3.
- Pada Tahap Mulai Dari Diri, saya merumuskan visi pribadi mengenai murid dan bagaimana sekolah yang berpihak pada murid di masa depan.
- Pada Tahap Eksplorasi Konsep, saya memahami pentingnya melakukan manajemen perubahan dengan pola pikir positif melalui pendekatan inkuiri apresiatif dan menghubungkan visi guru penggerak dengan pendekatan inkuiri apresiatif dalam membantu pertumbuhan murid di masa depan.
- Pada Tahap Ruang Kolaborasi, saya mengidentifikasi kekuatan dari dalam diri dan luar diri yang dapat mendukung terwujudnya visi pribadi untuk menumbuhkan murid di masa depan.
- Pada Tahap Refleksi Terbimbing, saya melakukan refleksi proses pembelajaran yang telah dilalui dan mengambil pembelajaran dari proses kolaborasi dan hasil diskusi yang telah dilakukan.
Berdasarkan deskripsi di atas, pembelajaran minggu ini dapat saya ikuti sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai yaitu merumuskan visi guru penggerak, melakukan identifikasi dan pemetaan kekuatan, hingga melakukan refleksi terbimbing tentang pembelajaran pada topik Visi Guru Penggerak.
Untuk memahami lebih mendalam tentang Visi Guru Penggerak dan mewujudkan Visi Guru Penggerak, saya akan melakukan demonstrasi kontekstual untuk selanjutnya dapat melakukan aksi nyata tentang Visi Guru Penggerak.
0 Comments:
Posting Komentar