Seputar Pembelajaran Matematika dan Pemanfaatan IT

Kamis, 18 November 2021

Aksi Nyata - Nilai dan Peran Guru Penggerak


Dalam usaha mewujudkan Profil Pelajar Pancasila ini, tentunya perlu peran guru penggerak untuk menuntun anak serta menumbuhkan berbagai karakter/nilai yang dijabarkan. Peran guru penggerak yang pertama dalam terkait dengan Profil Pelajar Pancasila ini adalah mengenali dan menjalankan profil ini terlebih dahulu. Ketika seorang pendidik mencoba menjalankan profil ini, maka akan lebih mudah bagi murid untuk mengikutinya. Keteladanan seorang guru dalam menjalankan ini pastinya akan dilihat dan kemudian dipelajari oleh para murid.

Untuk mendukung tercapainya Profil Pelajar Pancasila, setiap guru perlu menanamkan nilai-nilai dan pola pikir sebagai penuntun atau pamong. Nilai-nilai ini bisa berkembang jika seorang guru penggerak mengaktifkan otak luhurnya agar bisa berpikir strategis dan kreatif dalam menjalankan peran sebagai guru penggerak.

Untuk bisa mewujudkan Profil Pelajar Pancasila tersebut, dibutuhkan guru yang terampil dan berkompeten sehingga mampu berkontribusi secara aktif sesuai mewujudkan profil tersebut. Peran dari dari seorang guru tentunya akan lebih maksimal jika memiliki keterampilan ataupun kompetensi yang sesuai dengan tujuan pendidikan yang diharapkan.

Pada artikel kali ini, saya akan berbagi tentang aksi nyata nilai dan peran guru penggerak dengan tema "MANDIRI BERINOVASI DALAM MEWUJUDKAN MERDEKA BELAJAR". Aksi nyata ini saya lakukan setelah mempelajari tentang Nilai dan Peran Guru Penggerak, mulai dari diri, eksplorasi konsep, ruang kolaborasi, refleksi terbimbing, demonstrasi kontekstual, elaborasi pemahaman, dan koneksi antar materi.

Perasaan saya sangat senang dan bangga sekali menjadi bagian dari Guru Penggerak ini. Banyak ide dan praktik baik yang bisa dilakukan. Salah satu yang saya lakukan dalam mengaplikasikan nilai diri seorang guru penggerak adalah melakukan pengembangan diri dan menciptakan inovasi pembelajaran berupa media pembelajaran interaktif secara mandiri dalam memberi ruang kepada murid untuk melakukan eksplorasi diri pada proses pembelajaran.

Berikut ini adalah kegiatan pengembangan diri dan inovasi yang telah saya lakukan dalam mewujudkan aksi nyata tentang nilai dan peran guru penggerak.


Adapun media interaktif yang saya ciptakan adalah Media Interaktif Matematika (Bangun Ruang Sisi Lengkung) berikut ini.

Melalui pembelajaran menggunakan media interaktif ini, murid secara maksimal dapat melakukan eksplorasi kemampuannya dan merdeka belajar dapat terwujud.
Share:

0 Comments:

Posting Komentar

TOKO ONLINE "POTRET MATEMATIKA"

CHANNEL YOUTUBE

RUBEMA SMP

STATISTIK

Chat Me!

Followers

ADMIN : WAYAN SUBADRE

ADMIN : WAYAN SUBADRE

TUTORIAL SKP DAN DUPAK

TUTORIAL AKUN BELAJAR.ID

Blog Archive

VIDEO DOKUMENTASI

TUTORIAL GOOGLE CLASSROOM

TIPS & TRIK CPNS & PPPK