Seputar Pembelajaran Matematika dan Pemanfaatan IT

Selasa, 02 November 2021

Aksi Nyata - Penerapan Pemikiran Ki Hadjar Dewantara di Kelas dan Sekolah



Sebagai tahapan terakhir dari siklus pembelajaran MERRDEKA, Aksi Nyata memberikan ruang bagi saya menerapkan pengetahuan yang telah diperoleh dalam satu rangkaian modul 1.1. Aksi Nyata dimaksudkan sebagai proses pengembangan profesionalisme berkelanjutan, di mana ia dilihat sebagai kesatuan antara proses pembelajaran dan implementasi. Dengan demikian, aksi nyata perlu dijalankan secara terus menerus, bahkan hingga Program Pendidikan Guru Penggerak telah saya selesaikan. Dalam  modul ini, Aksi Nyata saya merupakan perwujudan dari perubahan konkret dalam proses pembelajaran sesuai dengan pemikiran Ki Hadjar Dewantara dan konteks sosial dan budaya di daerah saya.

Untuk mendukung pengembangan berkelanjutan, sepanjang proses penerapan ini saya dapat melakukan refleksi, salah satunya dengan menulis jurnal refleksi. Jurnal refleksi yang ditulis secara rutin merupakan media untuk mendokumentasikan perasaan, gagasan dan pengalaman serta praktik baik yang telah dilakukan.

Berikut ini adalah video Aksi Nyata - Penerapan Pemikiran Ki Hadjar Dewantara di Kelas dan Sekolah yang saya buat.



Share:

4 komentar:

  1. Balasan
    1. Merdeka belajar langkah nyata dalam mewujudkan Profil Pelajar Pancasila.

      Hapus
  2. Semua pelaku pendidikan sudah mengenal dengan Ki Hajar Dewantara, namun belum semua dpt memaknai filosofinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga dengan adanya Program PGP semua pihak dapat memahaminya.

      Hapus

TOKO ONLINE "POTRET MATEMATIKA"

CHANNEL YOUTUBE

RUBEMA SMP

STATISTIK

Chat Me!

Followers

ADMIN : WAYAN SUBADRE

ADMIN : WAYAN SUBADRE

TUTORIAL SKP DAN DUPAK

TUTORIAL AKUN BELAJAR.ID

Blog Archive

VIDEO DOKUMENTASI

TUTORIAL GOOGLE CLASSROOM

TIPS & TRIK CPNS & PPPK