Seputar Pembelajaran Matematika dan Pemanfaatan IT

Sabtu, 30 Oktober 2021

Jurnal Refleksi Minggu Ke-2 Calon Guru Penggerak

 


31 Oktober 2021

Kegiatan minggu ini masih mendalami modul 1.1 Refleksi Filosofi Pendidikan Indonesia Ki Hadjar Dewantara. Pada minggu kedua ini saya mengikuti kegiatan Ruang Kolaborasi-Unggah Kerangka Pembelajaran sesuai dengan Pemikiran Ki Hadjar Dewantara dalam LMS. Dalam kegiatan ini, saya menyempurnakan hasil presentasi Kerangka Pembelajaran sesuai dengan Pemikiran Ki Hadjar Dewantara kemudian mengunggahnya pada LMS. Keesokan harinya adalah kegiatan Refleksi Terbimbing-Presentasi Kerangka Filosofis 'Merdeka Belajar', dengan menjawab empat pertanyaan pemantik yang jawabannya dibuat dalam bentuk narasi sesuai pengalaman belajar, pemikiran, dan perpektif ke depan. Pembelajaran berikutnya dalam alur MERRDEKA adalah Demonstrasi Kontekstual - Pemikiran Filosofis Ki Hadjar Dewantara dalam Karya. Dalam demonstrasi kontekstual ini saya membuat poster tentang pemikiran Ki Hadjar Dewantara dalam implementasinya di kelas. Pembelajaran terakhir minggu ini adalah Elaborasi Pemahaman, yaitu Konferensi ‘Pemikiran Ki Hadjar Dewantara’ oleh Perguruan Taman Siswa dan sekolah SPK DYATMIKA Bali yang sudah menerapkan Merdeka Belajar dan beberapa kurikulum internasional melalui pertemuan virtual. Untuk menyimpulkan dan merefleksikan pemikiran Ki Hadjar Dewantara, saya membuat sebuah artikel pada blog pribadi saya.

Saya sangat antusias dalam mengikuti kegiatan pembelajaran minggu ini, semua tugas dapat terselesaikan tepat waktu meskipun dalam kondisi jadwal kegiatan lainnya yang cukup padat. Dalam sesi sinkron, saya menjadi lebih bersemangat karena ada pemaparan materi dari narasumber dan diskusi. Saya merasa belum mampu menerapkan pemikiran Ki Hadjar Dewantara secara sempurna dalam pembelajaran di kelas. 

Setelah menghadapi tantangan dan kendala, saya  merefleksi diri untuk menemukan cara mengatasinya. Adapun langkah yang saya ambil adalah dengan manajeman waktu dan menggunakan skala prioritas, saya dapat mengerjakan semua tugas tepat waktu. Saya juga telah menuangkan semua hasil belajar saya pada modul 1.1 ini ke dalam blog pribadi saya.


Share:

0 Comments:

Posting Komentar

TOKO ONLINE "POTRET MATEMATIKA"

CHANNEL YOUTUBE

RUBEMA SMP

STATISTIK

Chat Me!

Followers

ADMIN : WAYAN SUBADRE

ADMIN : WAYAN SUBADRE

TUTORIAL SKP DAN DUPAK

TUTORIAL AKUN BELAJAR.ID

Blog Archive

VIDEO DOKUMENTASI

TUTORIAL GOOGLE CLASSROOM

TIPS & TRIK CPNS & PPPK