Seputar Pembelajaran Matematika dan Pemanfaatan IT

Sabtu, 30 Oktober 2021

Jurnal Refleksi Minggu Ke-1 Calon Guru Penggerak

 


24 Oktober 2021

Minggu ini merupakan minggu perdana saya mengikuti PGP. Pembelajaran yang saya ikuti melalui LMS pada PGP ini sangat padat. Kegiatan pembelajaran menggunakan pola MERRDEKA. Pembelajaran dilaksanakan secara mandiri sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan. Disamping itu, pembelajaran juga dilakukan secara kolaboratif bersama anggota CGP yang lain dengan dibimbing oleh seorang fasilitator. Dengan sangat baik fasilitator menyampaikan penjelasan. Hal baik yang saya dapatkan dari pembelajaran minggu ini adalah membuka wawasan dan pengalaman tentang pemikiran Ki Hadjar Dewantara. Selain itu, saya juga dapat menjadi seorang pendidik yang siap mendesain kerangka merdeka belajar dalam rangka membentuk profil pelajar pancasila. Hal tersebut merupakan tugas yang sangat berat, namun setelah mengikuti pembelajaran minggu ini, saya berharap dapat membuka wawasan dan pemikiran saya untuk dapat menyusun strategi dalam mencapai tujuan tersebut.

Secara umum saya dapat mengikuti seluruh rangkaian kegiatan pembelajaran melalui LMS ini, walaupun sempat kesulitan dalam mengumpulkan tugas tepat waktu karena kendala manajemen waktu dalam mengerjakan tugas-tugas lainnya. Sejauh ini semua berjalan lancar, walaupun ditemukan beberapa kendala kecil dalam pendidikan guru penggerak melalui LMS ini. Kendala tersebut terutama adalah kendala berupa teknis. Gangguan jaringan sempatmenjadi kendala terutama saat melakukan pertemuan virtual melalui Google Meet karena terjadi pemadaman listrik. Untuk mengatasi hal tersebut saya menyiapkan perangkat cadangan. Dengan demikian semua dapat berjalan lancar tanpa mengalami gangguan jaringan. Sedangkan terkait teknis dalam pengoperasian Google Meet tersebut saya sudah terbiasa menggunakannya. Hal ini dikarenakan saya sudah tidak asing dengan aplikasi ini dan sering menggunakan dalam pembelajaran di sekolah pada masa pandemi Covid-19 ini. Kendala lain adalah adanya benturan jadwal kegiatan ini dengan tugas pokok di sekolah dan saya sedang melanjutkan studi S2. Hal ini terkait deadline pengumpulan tugas berbenturan dengan kesibukan di sekolah dan kegiatan perkuliahan. Di tengah kesibukan sebagai guru dengan tugas tambahan wakasek kurikulum di sekolah dan sebagai mahasiswa di kampus, saya harus pandai membagi waktu. Saya harus bisa membuat skala prioritas dalam hal ini. Artinya menyelesaikan tugas tersebut sesuai dengan tingkat urgensinya. Dengan demikian, bukan tidak mungkin, salah satu dari tugas tersebut akan terkorbankan ketika harus memiliki deadline yang sama. Akan tetapi dengan mengomunikasikan hal ini dengan fasilitator, semua dapat diselesaikan dengan baik. 

Selama mengikuti pembelajaran ini saya merasa bersemangat dan bangga menjadi bagian dari program guru penggerak. Tidak semua orang memililki kesempatan menjadi guru penggerak. Dengan demikian saya mengikuti seluruh rangkaian pembelajaran ini dengan semangat dan penuh konsentrasi. Jika satu rangkaian saja terlewati, seakan-akan terasa kita sudah tertinggal jauh dengan peserta yang lain. Walaupun pembelajarannya sangat padat, namun saya terus berusaha mengerjakan seluruh tagihan-tagihan yang diberikan.   Pembelajaran melalui LMS berbasis Moodle ini memang bukan sesuatu yang baru, karena saya sudah mengenal LMS ini sejak tahun 2015 saat mengikuti diklat online pertama kali. Semoga semangat dan perjuangan ini akan tetap terjaga sampai akhir program.
Share:

0 Comments:

Posting Komentar

TOKO ONLINE "POTRET MATEMATIKA"

CHANNEL YOUTUBE

RUBEMA SMP

STATISTIK

Chat Me!

Followers

ADMIN : WAYAN SUBADRE

ADMIN : WAYAN SUBADRE

TUTORIAL SKP DAN DUPAK

TUTORIAL AKUN BELAJAR.ID

Blog Archive

VIDEO DOKUMENTASI

TUTORIAL GOOGLE CLASSROOM

TIPS & TRIK CPNS & PPPK