Seputar Pembelajaran Matematika dan Pemanfaatan IT

Rabu, 04 Mei 2022

Jurnal Refleksi Minggu ke-20 Calon Guru Penggerak

 

23 April 2022

Pembelajaran minggu terakhir di bulan April 2022 ini masih berada pada modul 3.1 Pengambilan Keputusan sebagai Pemimpin Pembelajaran. Jurnal refleksi minggu ini saya susun dengan model 4F, yaitu sebagai berikut.

Fact

Kegiatan pembelajaran minggu ini diawali dengan refleksi terbimbing modul 3.1,yaitu melakukan refleksi berdasarkan kegiatan pembelajaran yang sudah dilakukan dengan menjawab beberapa pertanyaan pemandu. Pada demonstrasi kontekstual, CGP diminta membumikan pemahaman mengenai Pengambilan Keputusan sebagai Pemimpin Pembelajaran di lingkungan tempat kerja. Elaborasi pemahaman merupakan pembelajaran terakhir minggu ini, bersama instruktur Ibu Fadilla Mutiarawati.

Feelings

Selama pembelajaran berlangsung, saya merasa bersemangat dan antusias mengikuti setiap sesi. Perasaan semangat muncul karena saya ingin tahu lebih jauh tentang pengambilan keputusan sebagai pemimpin  pembelajaran. Hal ini membuat saya antusias mengikuti pembelajaran pada tiap sesi. Saya tertarik untuk menganalisis kasus/situasi yang saya maupun orang lain hadapi berdasarkan 4 paradigma dilema etika, 3 prinsip penyelesaian dilema, dan 9 langkah pengambilan dan pengujian keputusan sehingga keputusan yang diambil tepat. Saya merasa bersyukur karena telah sampai pada pembelajaran modul 3.1 yang sangat penting bagi saya.

Findings

Pembelajaran yang saya ikuti memberikan banyak pengetahuan, pemahaman, dan pengalaman  dalam menghadapi situasi yang mengandung dilema etika, kemudian mengambil keputusan yang tepat.  Sebuah keputusan yang tepat akan menerapkan nilai-nilai kebajikan universal, berdampak jangka panjang, dan dapat dipertanggungjawabkan. Selain itu, saya juga memperoleh pengalaman menerapkan 4 paradigma dilema etika, 3 prinsip penyelesaian dilema, dan 9 langkah pengambilan dan pengujian keputusan. Pengalaman ini sangat penting sebagai pijakan dalam menjalankan kegiatan sebagai guru maupun  sebagai anggota masyarakat.

Future

Langkah yang akan saya ambil ke depan dalam menghadapi situasi/kasus yang mengandung dilema etika adalah menerapkan 4 paradigma dilema etika, 3 prinsip penyelesaian dilema, dan 9 langkah pengambilan dan pengujian keputusan. Dalam penerapannya di kelas dan sekolah, saya akan melibatkan kepala sekolah, rekan sejawat, dan rekan CGP untuk memberi umpan balik terhadap pengambilan keputusan yang saya lakukan. Kepala sekolah, rekan sejawat, dan rekan CGP saya libatkan karena mereka memiliki pengetahuan dan pengalaman menyelesaiakan masalah. Melalui umpan balik yang diberikan, saya dapat mengetahui seberapa tepat dan efektif pengambilan keputusan yang saya lakukan.

 

Salam dan Bahagia.

Share:

0 Comments:

Posting Komentar

TOKO ONLINE "POTRET MATEMATIKA"

CHANNEL YOUTUBE

RUBEMA SMP

STATISTIK

Chat Me!

Followers

ADMIN : WAYAN SUBADRE

ADMIN : WAYAN SUBADRE

TUTORIAL SKP DAN DUPAK

TUTORIAL AKUN BELAJAR.ID

Blog Archive

VIDEO DOKUMENTASI

TUTORIAL GOOGLE CLASSROOM

TIPS & TRIK CPNS & PPPK