Seputar Pembelajaran Matematika dan Pemanfaatan IT

Minggu, 21 November 2021

Jurnal Refleksi Minggu ke-5 Calon Guru Penggerak

 

Minggu kelima pada LMS disajikan materi tentang visi guru penggerak. Banyak informasi yang saya petik dari bacaan dan video yang disajikan. Berikut point-point yang saya peroleh Dari bacaan dan video modul 1.2 dan 1.3 diantaranya:

  1. Pada kegiatan elaborasi pemahaman, koneksi antar materi, dan aksi nyata tentang nilai dan peran guru penggerak memberi pemahaman untuk saya dalam mewujudkan Profil Pelajar Pancasila melalui penerapan nilai dan peran guru penggerak.
  2. Menentukan visi menjadi hal sangat penting bagi seorang guru penggerak. Visi tersebut merupakan acuan bagi guru penggerak dalam menciptakan transformasi pendidikan di sekolah. Visi diperoleh dari mimpi, imajinasi dan harafan di masa akan datang seorang guru penggerak untuk merubah tatanan masa depan menuju ke arah yang lebih baik. Visi tersebut terkadang muncul dari kelemahan-kelemahan yang ada. Kelemahan itu bukanlah suatu kehinaan akan tetapi kekuatan yang akan menyelaraskan hati dan langkah untuk melakukan perubahan dan menciptakan suatu system yang ideal yang sesuai harapan.
  3. Appreciative Inquiry ini berguna dalam membuat visi organisasi dan menemukan harapan yang paling urgen yang harus segera direalisasikan demi kemajuan organisasi tersebut.  Appreciative Inquiry merupakan pendekatancyang digunakan dalam mentransformasikan kapasitas sistem manusia untuk melakukan perubahan positif dengan menfokuskan pada pengalaman pribadi seperti raihan prestasi dan harapan-harapan yang ingin dicapai di masa yang akan datang. Dalam konteks pendidikan,  Appreciative Inquiry antara lain digunakan untuk penggerak perubahan budaya, pengambangan diri, coaching dan monitoring.

Informasi di atas sangat relevan dan penting diberikan kepada calon guru penggerak. Informasi tersebut bisa dijadikan sebagai pengetahuan calon guru penggerak dalam mengelola suatu organisasi.

Pemimpin itu harus memiliki visi. Visi tersebut harus disegarkan sehingga tetap sesuai dan sepadan dengan perubahan-perubahan yang terjadi di lingkungan. Karena itu visi dalam konteks  ini merupakan atribut utama seorang pemimpin. Tugas dan tanggung jawab pimpinan  untuk  melahirkan, memelihara, mengembangkan, menerapkan, dan menyegarkan visi agar tetap memiliki kemampuan untuk memberikan  respons yang tepat dan cepat terhadap berbagai permasalahan dan tuntutan yang dihadapi organisasi.

Saya merasa tergugah untuk melakukan perubahan. Perubahan yang akan saya lakukan adalah merubah cara, pendekatan, strategi dan pola berpikir tentang proses pembelajaran yang biasa dilakukan. Saya akan mencoba untuk menumbuhkan kreativitas dan kemandirian murid dalam pelajaran matematika dengan melakukan proses pembelajaran berbasis proyek dan Real Mathematic Education atau Contextual Teaching Learning. Sehingga murid akan lebih merasakan kebermaknaan matematika.


Share:

0 Comments:

Posting Komentar

TOKO ONLINE "POTRET MATEMATIKA"

CHANNEL YOUTUBE

RUBEMA SMP

STATISTIK

Chat Me!

Followers

ADMIN : WAYAN SUBADRE

ADMIN : WAYAN SUBADRE

TUTORIAL SKP DAN DUPAK

TUTORIAL AKUN BELAJAR.ID

Blog Archive

VIDEO DOKUMENTASI

TUTORIAL GOOGLE CLASSROOM

TIPS & TRIK CPNS & PPPK