Seputar Pembelajaran Matematika dan Pemanfaatan IT

Minggu, 13 Februari 2022

Jurnal Refleksi Minggu ke-10 Calon Guru Penggerak

 

13 Februari 2022

Jurnal Refleksi kali ini menggunakan model Papan Cerita Reflektif ⟮Reflective Storyboard⟯.


Kegiatan pembelajaran yang diikuti: 

Tes Awal Paket Modul 2:

Kegiatan tes awal paket modul 2 dilaksanakan sebelum kegiatan pembelajaran modul 2 dimulai. Terdapat 13 soal yang harus dijawab. Konten materi pada soal tersebut terkait dengan pembelajaran berdiferensiasi.

Mulai Dari Diri:

Kegiatan ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengetahuan awal CGP tentang konsep Pembelajaran Berdiferensiasi. Pada kegiatan ini, kita diminta untuk menjawab beberapa pertanyaan yang terkait dengan pembelajaran berdiferensiasi, menonton sebuah video yang berjudul Sekolah Hewan dan memberikan pendapat tentang video tersebut, dan menuliskan pertanyaan-pertanyaan yang dimiliki terkait dengan pembelajaran berdiferensiasi.

Eksplorasi Konsep:

Sebelum memulai pembelajaran di sesi ini, beberapa pertanyaan yang perlu direnungkan adalah bagaimana kita dapat mengelola kelas?, apa yang kita ketahui tentang latar belakang murid kita?, apa yang kita ketahui tentang minat dan profil belajar murid kita?, selanjutnya apa yang akan kita lakukan jika sudah mengetahui semua hal tersebut.

Pembelajaran pada sesi ini dimulai dari pemaparan tentang pengertian pembelaaran berdiferensiasi dan miskonsepsi yang terjadi. Selanjutnya dibahas pula tentang kebutuhan belajar murid, paling tidak berdasarkan 3 aspek. Ketiga aspek tersebut adalah: Kesiapan belajar (readiness) murid, Minat murid, dan Profil belajar murid.

Ruang Kolaborasi:

Pada ruang kolaborasi, dilakukan kegiatan diskusi secara sinkronus bersama fasilitator. Disamping itu, diskusi kelompok yang membahas tentang cara mendesain pembelajaran berdiferensiasi juga sangat memberi inspirasi dan pengetahuan baru bagi saya tentang pembelajaran berdiferensiasi.

Lokakarya Ke-2:

Pada kegiatan Lokakarya ke-2 membahas topik terkait dengan Komunitas Praktisi. Dalam diskusi yang dilakukan, banyak pengetahuan yang saya peroleh terkait bagaimana membangun sebuah komunitas praktisi di sekolah.


Pembelajaran:

Saya belajar tentang kebutuhan belajar murid, strategi pembelajaran berdiferensiasi, mendesain pembelajaran berdiferensiasi, dan komunitas praktisi.

Yang Saya Rasakan: 

Saya sangat tertarik dalam mendesain pembelajaran berdiferensiasi, bersemangat, antusias, dan memiliki rasa ingin tahu untuk mempelajari lebih dalam dan tertantang menerapkan pembelajaran berdiferensiasi.

Langkah ke Depan: 

Terus belajar dan berlatih, diskusi dengan rekan guru, mencari inspirasi dan menerapkan pembelajaran berdiferensiasi, serta membentuk komunitas praktisi di sekolah.


Semoga Bermanfaat.

Salam dan Bahagia.


Share:

0 Comments:

Posting Komentar

TOKO ONLINE "POTRET MATEMATIKA"

CHANNEL YOUTUBE

RUBEMA SMP

STATISTIK

Chat Me!

Followers

ADMIN : WAYAN SUBADRE

ADMIN : WAYAN SUBADRE

TUTORIAL SKP DAN DUPAK

TUTORIAL AKUN BELAJAR.ID

Blog Archive

VIDEO DOKUMENTASI

TUTORIAL GOOGLE CLASSROOM

TIPS & TRIK CPNS & PPPK