Seputar Pembelajaran Matematika dan Pemanfaatan IT

Sabtu, 19 Februari 2022

Jurnal Refleksi Minggu ke-11 Calon Guru Penggerak

19 Februari 2022

Jurnal Refleksi kali ini menggunakan model 4F ⟮Facts, Feelings, Findings, Future).

Facts

Kegiatan pembelajaran minggu ini diawali dengan ruang kolaborasi, yaitu presentasi hasil kerja kelompok. Dalam kegiatan ini, saya bisa berinteraksi dengan rekan CGP lain, berbagi mengenai RPP berdiferensiasi yang telah kami susun, dan saling memberi penguatan. Kegiatan pembelajaran dilanjutkan dengan refleksi terbimbing, yaitu menuliskan hal-hal yang dirasa sulit dan dukungan yang dibutuhkan jika harus menerapkan hal sulit tersebut. Pembelajaran selanjutnya adalah demonstrasi kontekstual, yaitu menyusun RPP berdiferensiasi sesuai mata pelajaran yang diajar. Ini adalah penerapan dari konsep-konsep yang telah dipelajari sebelumnya, yaitu melakukan analisis kebutuhan belajar murid dengan melakukan analisis kesiapan belajar, minat belajar, dan profil belajar murid, serta tiga strategi diferensiasi. Secara umum, pembelajaran minggu ini memberikan saya pemahaman dan pengalaman dalam menyusun RPP untuk mengakomodasi kebutuhan belajar murid. Dalam menyusun RPP berdiferensiasi, awalnya saya mengalami kendala dalam menetapkan strategi yang digunakan. Dengan masukan rekan CGP dan bimbingan dari fasilitator, saya bisa menyelesaikan satu RPP berdiferensiasi yang akan saya terapkan dalam pembelajaran.

Feelings

Selama pembelajaran berlangsung, saya merasa bersemangat dan antusias mengikuti setiap sesi. Perasaan semangat muncul karena saya ingin tahu lebih mendalam tentang pembelajaran berdiferensiasi. Hal ini membuat saya antusias mengikuti pembelajaran pada tiap sesi. Saya tertarik untuk menganalisis kebutuhan belajar murid, menetapkan strategi diferensiasi, dan menerapkan pembelajaran berdiferensiasi di kelas. Saya merasa bersyukur karena telah sampai pada pembelajaran ini.

Findings

Pembelajaran berdiferensiasi merupakan hal baru bagi saya. Pembelajaran yang saya ikuti memberikan banyak pengetahuan dan pemahaman tentang kebutuhan belajar murid meliputi kesiapan belajar, minat belajar, dan profil belajar, serta cara-cara menganalisisnya. Selain itu, saya juga mendapatkan pemahaman mengenai strategi diferensiasi, meliputi diferensiasi konten, proses, dan produk. Meskipun selama ini saya pernah melakukan kegiatan pembelajaran di kelas yang saya rasa bisa mengakomodasi kesiapan belajar murid yang berbeda-beda, tetapi hal itu masih mengandung miskonsepsi pembelajaran berdiferensiasi. Melalui modul 2.1 Pembelajaran Berdiferensiasi, saya mendapat pemahaman yang utuh tentang pembelajaran berdiferensiasi.

Future

Sebelum melaksanakan pembelajaran, seperti biasa saya akan melakukan pemetaan kebutuhan belajar murid melalui asesmen diagnosis, survei, pengamatan, dan wawancara. Melalui pemetaan kebutuhan belajar murid ini, saya bisa merencanakan strategi diferensiasi yang tepat. Dalam penerapannya di kelas, saya akan melibatkan rekan sejawat untuk mengobservasi dan memberi umpan balik terhadap pembelajaran yang saya lakukan. Melalui umpan balik yang diberikan, saya berharap dapat memperbaiki perencanaan dan penerapan pembelajaran berdiferensiasi sesuai kebutuhan belajar murid.

Semoga Bermanfaat.

Salam dan Bahagia.

Share:

0 Comments:

Posting Komentar

TOKO ONLINE "POTRET MATEMATIKA"

CHANNEL YOUTUBE

RUBEMA SMP

STATISTIK

Chat Me!

Followers

ADMIN : WAYAN SUBADRE

ADMIN : WAYAN SUBADRE

TUTORIAL SKP DAN DUPAK

TUTORIAL AKUN BELAJAR.ID

Blog Archive

VIDEO DOKUMENTASI

TUTORIAL GOOGLE CLASSROOM

TIPS & TRIK CPNS & PPPK