- Sumber Daya Manusia (Peserta Didik yang memiliki kepribadian yang baik, intelektual yang bagus, dan jasmani yang kuat)
- Sumber Daya Fisik (Sarana dan Prasarana seperti alat alat kebersihan, komputer)
- Sumber Daya Informasi (alat komunikasi berupa HP, media sosial, poster, dan lainnya)
Profil Pelajar Pancasila
Gotong Royong
Kompetensi Pelajar Pancasila
Mampu menerapkan kolaborasi yang baik, kepedulian dan berbagi dalam setiap kegiatan yang ada di sekolah.
Indikator Ketercapaian
- Peserta didik mampu menerapkan kolaborasi yang baik dalam setiap kegiatan yang ada di sekolah.
- Peserta didik mampu memiliki kepedulian terhadap orang lain dan lingkungannya dalam setiap kegiatan yang ada di sekolah.
- Peserta didik mampu berbagi tentang berbagai hal dalam setiap kegiatan yang ada di sekolah.
Elaborasi hingga pelaksanaan konkrit di sekolah dan di kelas
Apa yang akan dilakukan untuk mencapai profil pelajar Pancasila yang dipilih?
Membuat kesepakatan, berdiskusi, berkolaborasi dengan guru lain.
Mengapa memilih profil pelajar Pancasila yang dipilih?
Karena sikap gotong royong merupakan hal yang sangat penting dimiliki oleh setiap peserta didik dalam menghadapi segala tantangan di era digital ini, berkolaborasi bahu membahu dalam membangun negeri, peduli terhadap sesama yang memiliki masalah, dan berbagi dalam berbagai aspek dalam membangun negeri.
Bagaimana pencapaian profil pelajar Pancasila yang dipilih?
Sikap gotong royong akan tercapai apabila semua pihak ikut terlibat dalam pencapaiannya.
Program Sekolah :
- Sabtu budaya (dimana setiap hari sabtu pagi terdapat kegiatan gotong royong membersihkan kelas dan lingkungan sekolah selama 2 JP setelah senam gemar gatra dilaksanakan)
- Jumat bersih.
- Peduli dan Berbagi bila terjadi musibah seperti bencana alam, kebakaran, dan sebagainya.
- Mengoptimalkan Kegiatan Pramuka, UKS, PMR maupun PIK-R di sekolah.
Guru Mata Pelajaran :
- Menggunakan strategi pembelajaran dan metode pembelajaran yang mengutamakan sikap gotong royong dalam setiap kegiatan pembelajaran, seperti mengadakan diskusi kelompok, penyelidikan kelompok, maupun proyek kelompok.
Wali Kelas :
- Memberdayakan peserta didik binaannya agar melakukan pembersihan setiap pagi di kelasnya masing-masing sebelum kegiatan pembelajaran dimulai sesuai jadwal piket kebersihan yang telah disepakati bersama.
- Menjenguk peserta didik yang sakit.
OSIS :
- Saling membantu atau peduli jika ada warga sekolah mengalami suka maupun duka.
Siapakah para pihak yang terlibat dan bagaimana peran mereka?
Orang tua, guru mata pelajaran, wali kelas, dan semua civitas akademik yang ada di sekolah serta anggota masyarakat disekitarnya. Peran mereka yaitu sebagai teladan atau contoh dalam penerapan sikap gotong royong ini. Begitupun juga dengan pengawas atau Dinas pendidikan : mendukung program sekolah dalam mewujudkan profil pelajar pancasila.
0 Comments:
Posting Komentar