Seputar Pembelajaran Matematika dan Pemanfaatan IT

Sabtu, 04 Desember 2021

Jurnal Refleksi Minggu ke-7 Calon Guru Penggerak

 


5 Desember 2021

Jurnal Refleksi kali ini menggunakan model refleksi 5M. Model refleksi 5M diadaptasi dari model 5R ⟮Bain, dkk, 2002, dalam Ryan & Ryan, 2013⟯. 5M terdiri dari langkah-langkah berikut:
  1. Mendeskripsikan ⟮Reporting⟯: menceritakan ulang peristiwa yang terjadi.
  2. Merespon ⟮Responding⟯: menjabarkan tanggapan yang diberikan dalam menghadapi peristiwa yang diceritakan, misalnya melalui pemberian opini, pertanyaan, ataupun tindakan yang diambil saat peristiwa berlangsung.
  3. Mengaitkan ⟮Relating⟯: menghubungkan kaitan antara peristiwa dengan pengetahuan,keterampilan, keyakinan atau informasi lain yang dimiliki.
  4. Menganalisis ⟮Reasoning⟯: menganalisis dengan detail mengapa peristiwa tersebut dapat terjadi, lalu mengambil beberapa perspektif lain, misalnya dari teori atau kejadian lain yang serupa, untuk mendukung analisis tersebut.
  5. Merancang ulang ⟮Reconstructing⟯: menuliskan rencana alternatif jika menghadapi kejadian serupa di masa mendatang.
Langkah-langkah Refleksi 5M saya sebagai berikut.

Pada minggu ini, saya mengikuti pembelajaran pada tahap demonstrasi kontekstual, elaborasi pemahaman bersama instruktur Ibu Amelia, dan melakukan koneksi antar materi. Saya diminta membagikan impian tentang murid masa depan, dan berkomentar pada CGP lain. Konsep IA yang dipelajari pada Eksplorasi Konsep dibuat menjadi sebuah kesimpulan yang dibagikan pada LMS dan saling dikomentari oleh CGP lain.  Instruktur memberikan penguatan-penguatan tentang pentingnya memetakan kekuatan aset untuk mewujudkan visi guru penggerak dan memberi penekanan penerapan konsep IA. Pada pembelajaran koneksi antar materi, saya membuat koneksi mengenai visi guru penggerak yang telah dipelajari dengan modul 1.1 dan 1.2 yang telah dipelajari sebelumnya.

Saya bersyukur bisa mengikuti Pendidikan Guru Penggerak sampai tahap ini. Saya merasa antusias karena ini merupakan hal baru bagi saya sehingga saya tertarik untuk mengetahui lebih jauh. Saya senang dan bersemangat bisa berbagi pemikiran dengan rekan satu kelompok, sekaligus membuka hati dan pikiran untuk menerima hasil pemikiran anggota lain. Untuk membuat presentasi yang disepakati, saya merasa tertantang untuk menyelesaikannya dengan baik dan tepat waktu. Dengan kolaborasi dengan rekan satu kelompok, saya yakin dapat menyelesaikannya. Ketika sesi presentasi, presentasi yang saya lakuakan berjalan lancar. Saya kagum dengan presentasi kelompok lain yang bagus dan lengkap, sehingga saya berharap dapat menirunya. Saya berharap kegiatan ini memberikan dampak positif bagi murid. Pembelajaran ini juga memberikan pengalaman belajar yang menyenangkan, menarik, menantang, dan kolaboratif.

Saya telah mempelajari konsep Inkuiri Apresiatif yang berbasis kekuatan positif dengan langkah-langkah BAGJA. Setelah memperoleh gambaran aset yang dilimiki, saya belajar menyelami kekuatan-kekuatan positif yang dimiliki oleh tiap aset, beserta fungsi tiap kekuatan tersebut dalam mewujudkan visi. Dengan mempelajari pemetaan aset, kekuatan, dan fungsinya dalam mewujudkan visi, saya memperoleh pembelajaran seberapa kekuatan pendukung dan bagaimana mengelola aset dalam mewujudkan visi. Untuk menerapkan Inkuiri Apresiatif dalam melakukan perubahan, kita perlu memetakan aset utama dan aset pendukung beserta kekuatan dan fungsinya secara rinci. Ini diperlukan sebab dalam melakukan perubahan, kita bertolak dari kekuatan positif yang dimiliki. Dalam melakukan perubahan, diperlukan perencanaan yang matang, visi yang jelas, aset yang dimiliki, komitmen, langkah-langkah kerja, peran dan fungsi personil, dan evaluasi. Semua yang diperlukan dalam melakukan perubahan tercantum dalam langkah-langkah BAGJA.

Pembelajaran dengan alur MERRDEKA merupakan langkah pembelajaran yang dilakukan dalam Pendidikan Guru Penggerak. Alur ini mengajak CGP berpikir reflektif, kritis, belajar secara kolaboratif, menuangkan ide secara kreatif, dan menyampaikan gagasan atau ide secara komunikatif. Menggali konsep, memahami materi, berkolaborasi, dan merefleksi tentang pendekatan perubahan berbasis Inkuiri Apresiatif melalui alur MERRDEKA dapat memberikan pemahaman yang utuh tentang Inkuiri Apresiatif berdasarkan kekuatan aset yang dimiliki. Pembelajaran dengan langkah-langkah tersebut memberikan pengalaman belajar yang sangat berarti. Pengalaman belajar yang diperoleh nantinya dapat diterapkan dalam melakukan perubahan.

Untuk mengikuti pembelajaran yang serupa ke depan, saya perlu melakukan langkah-langkah reflektif, yaitu menggali kekuatan dan kelemahan serta mengevaluasi kegiatan yang telah dilakukan. Untuk menunjang pembelajaran, saya perlu mencari inspirasi dari rekan-rekan CGP lain. Dalam mengerjakan tugas, saya berkolaborasi dengan rekan satu kelompok. Dalam berdiskusi, saya berusaha membuka pikiran untuk menerima perbedaan pendapat karena perbedaan pendapat akan saling melengkapi pencapaian tujuan. Untuk memperlancar kegiatan pembelajaran, saya mencari sumber-sumber belajar lain yang mendukung secara mandiri. 

Demikian Jurnal Refleksi Minggu Ke-7 yang saya susun.

Salam dan Bahagia.
Share:

0 Comments:

Posting Komentar

TOKO ONLINE "POTRET MATEMATIKA"

CHANNEL YOUTUBE

RUBEMA SMP

STATISTIK

Chat Me!

Followers

ADMIN : WAYAN SUBADRE

ADMIN : WAYAN SUBADRE

TUTORIAL SKP DAN DUPAK

TUTORIAL AKUN BELAJAR.ID

Blog Archive

VIDEO DOKUMENTASI

TUTORIAL GOOGLE CLASSROOM

TIPS & TRIK CPNS & PPPK