Seputar Pembelajaran Matematika dan Pemanfaatan IT

Sabtu, 12 Maret 2022

Jurnal Refleksi Minggu ke-14 Calon Guru Penggerak

12 Maret 2022

Pada minggu ke-14 ini, kegiatan Pendidikan Guru Penggerak sudah memasuki tahap demonstrasi kontekstual dari modul 2.2 Pembelajaran Sosial dan Emosional.

Pembelajaran minggu ini masih pada modul 2.2 Pembelajaran Sosial dan Emosional. Pembelajaran dilanjutkan pada ruang kolaborasi pengerjaan tugas dan presentasi. Dalam sesi ini, saya berkelompok dengan rekan CGP Bapak Muhamad Khaeri dan Ibu Ni Putu Sri Astitika. Dalam diskusi kelompok, kami mendiskusikan KSE apa yang sudah pernah diterapkan di sekolah. Selain itu, ide penerapan KSE seperti apa yang akan dilakukan di sekolah. Dalam sesi presentasi, tidak ada kendala yang dihadapi. Rekan CGP lain memberikan respons berupa apresiasi dan pertanyaan, yang kami tanggapi bersama. Saya juga memberikan apresiasi dan masukan kepada kelompok lain. Pembelajaran berikutnya adalah Refleksi Terbimbing, yaitu menjawab beberapa pertanyaan terkait PSE, yaitu apa yang menarik, apa hal penting yang dipelajari, dan ide yang akan diterapkan di kelas. Pada sesi Demonstrasi Kontekstual, CGP diminta membuat RPP yang terintegrasi dengan pembelajaran social emosional. RPP bisa diambil dari tugas RPP berdiferensiasi.

Saya sangat tertarik mempelajari Pembelajaran Sosial dan Emosional, cara penerapannya, dan bentuk-bentuk penerapannya di sekolah. PSE ini sangat penting bagi saya selaku guru, pribadi, dan rekan sejawat. Dengan menerapkan KSE, saya bisa mengelola perasaan, mengelola diri, berempati, menjalin hubungan dengan rekan sejawat, dan membuat keputusan yang bertanggung jawab. Saya tertantang untuk menerapkan KSE dalam pembelajaran dan dalam kegiatan-kegiatan sekolah. Awalnya saya merasa bingung, cemas, dan khawatir, tidak dapat memahami dan mengerjakan tugas. Tetapi dengan mengikuti pembelajaran dan dibantu oleh rekan CGP lain dan fasilitator, saya dapat memahami PSE dan mengerjakan tugas-tugas.

Pembelajaran Sosial dan Emosional adalah hal baru bagi saya. Sebelumnya, saya seringkali tidak dapat mengelola emosi dengan baik. Respons yang saya berikan atas suatu situasi kadang bersifat reaktif, cepat, namun merugikan diri, dan siswa. Dengan mempelajari teknik STOP, saya dapat mengelola emosi, sehingga keputusan yang saya ambil dapat dipertanggungjawabkan. Ada banyak penerapan KSE yang dapat saya pelajari dari LMS dan dari rekan CGP lainnnya, yang sangat berguna bagi saya dan untuk membelajarkan murid.

Saya berusaha akan menerapkan KSE yang telah saya pelajari dalam pembelajaran di kelas dan kegiatan-kegiatan yang dirancang di sekolah. Saya akan terus mengembangkan keterampilan menerapkan KSE, melalui membaca, mencoba, diskusi, dan sharing dengan rekan guru lain. Membelajarkan KSE kepada murid akan membuat murid memiliki ketahanan menghadapi masalah, mampu memecahkan masalah, dan menjadi orang yang berkarakter baik.

Semoga Bermanfaat.

Salam dan Bahagia.
Share:

0 Comments:

Posting Komentar

TOKO ONLINE "POTRET MATEMATIKA"

CHANNEL YOUTUBE

RUBEMA SMP

STATISTIK

Chat Me!

Followers

ADMIN : WAYAN SUBADRE

ADMIN : WAYAN SUBADRE

TUTORIAL SKP DAN DUPAK

TUTORIAL AKUN BELAJAR.ID

Blog Archive

VIDEO DOKUMENTASI

TUTORIAL GOOGLE CLASSROOM

TIPS & TRIK CPNS & PPPK